Peluncuran Program Newer Academic Human Resource Capacity Building
Pelaksanaan kegiatan Peluncuran Program Newer Academic Human Resource Capacity Building dilaksanakan secara virtual pada tanggal 17 Januari 2022.
Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi dengan moda pembelajaran jarak jauh yang tumbuh dalam lingkungan yang selalu berubah. UT selalu melakukan perubahan agar UT mampu menjawab tatangan perubahan. Perubahan atau disrupsi yang terjadi saat ini sangat besar, mendadak, dan dalam skala global. Untuk itu UT perlu melakukan penyesuaian agar UT dapat menjawab perubahan yang terjadi. Sumberdaya manusia merupakan komponen penting dalam meraih kemampuan dalam menjawab perubahan.
Perubahan teknologi komunikasi, komputer, dan transportasi telah mempengaruhi secara mendasar berbagai sendi kehidupan termasuk pendidikan. Munculnya pandemi Covid-19 menambah besar perubahan yang terjadi. Untuk menanggapi perubahan tersebut, salah satu upaya UT adalah mempersiapkan SDM dosen agar UT mampu bertransformasi menjadi perguruan tinggi badan hukum (PTN-BH) berkelas dunia dan menjadi rujukan PJJ di Indonesia dan dunia.
Dosen merupakan komponen penting dalam Pendidikan tinggi karena dosen adalah pelaku perubahan. Oleh karena itu agar proses transformasi UT berjalan dengan efektif maka dosen perlu ditingkatkan kompetensinya agar memiliki sikap, pengetahuan, dan kompetensi teknis, serta inovasi PJJ yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat pasca pandemic. Untuk mencapai level kompetensi tersebut perlu dilakukan kegiatan capacity building SDM dosen sesuai perkembangan PJJ modern. Tujuan akhirnya adalah dosen UT memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan nilai, etika, dan perilaku UT sebagai PJJ modern berkelas dunia.
TUJUAN
Setelah mengikuti kegiatan capacity building ini, dosen UT diharapkan:
1. Memiliki pengetahuan tentang teori dasar pendidikan jarak jauh (PJJ) untuk menampilkan gagasan baru tentang pengelolaan UT pada masa yang akan datang.
2. Mampu menngaplikasikan konsep-konsep desain sistem pembelajaran untuk PJJ sehingga mampu menampilkan gagasan baru tentang pengembangan bahan pembelajaran (modul) UT yang sesuai dengan kebutuhan terkini mahasiswa UT.
3. Mampu mengaplikasikan konsep-konsep asesmen, tes, dan pengukuran dalam PJJ untuk menampilkan gagasan perbaikan instrument asesmen dalam setiap bahan pembelajaran (modul) UT dan bahan UAS UT.
4. Mampu mendeskripsikan prosedur research and development PJJ untuk menghasilkan bahan pembelajaran (modul) yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi terkini mahasiswa UT.
5. Mendeskripsikan konsep dan prinsip pengembangan kurikulum modern dan budaya kerja dosen PTNBH UT.
35